Kearifan lokal Indonesia
I Love IndonesiaWebsite Culture of Indonesia

10 Warisan Budaya Papua, Kategori Tak Benda!

Mengenal Warisan Budaya Papua seperti alat musik, tradisi unik dan ragam ritual warisan leluhur yang masih tetap terjaga hingga sekarang. Namun tahu kah anda jenis warisan budaya takbenda atau WBTB berikut kami rangkum warisan budaya takbenda asal papua.

10 Warisan Budaya Takbenda Papua

WBTB atau warisan budaya tak benda yang terdapat di papua seperti kerajinan Noken. Kriya atau kerjainan tas noken khas dari Papu telah di tetapkan sebagai salah satu WBTB asal Papua, Indonesia.

Mengutip wikipedia dijelaskan Warisan budaya takbenda (Intangible cultural heritage disingkat ICH) adalah praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan, atau keterampilan, serta instrumen, objek, artefak, dan ruang budaya yang dianggap oleh UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya suatu tempat.

1. Kerajinan Noken

WBTB Noken asal Papua
WBTB Noken asal Papua (img via Bombastis)

Agar warian budaya kita tidak di akuisisi negara lain gaes harus kita jaga dan lestarikan dan didaftarkan resmi di UNESCO jadi seluruh negara di Dunia tahu bahwa noken ini warisan budaya milik Indonesia.

2. Seni Pertunjukan Yosim Pancar

Seni yang sering disebut Yospan asal Papua ini merupakan tari pergaulan atau persahabatan para muda mudi.

Yospan merupakan penggabungan dari dua tarian rakyat di Papua, yaitu Yosim dan Pancar.

Yosim adalah suatu tarian tua yang mirip poloneis dari dansa Barat dan berasal dari Sarmi, suatu kabupaten di pesisir utara Papua, namun ada juga yang mengatakan bahwa Yosim berasal dari wilayah teluk Saireri (Serui, Waropen).

3. Anu Beta Tubat

Tentang Pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta, sebuah budaya yang berasal dari Papua Barat dan telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda.

4. Papeda

papeda makanan khas dari tanah papua
warisan budaya papua : papeda makanan khas dari tanah papua (img via kumparan)

Jenis makanan atau kuliner khas, warga yang mendiami wilayah Jayapura tidak asing lagi dengan papeda bungkus karena merupakan warisan budaya turun temurun.

5. Warisan Budaya Tomako Batu

Warisan budaya Tomako Batu berupa Kapak Lonjong, nama lainnya adalah Jaa (Ormowari), He Aloway (Sentani), Mekpori (Suku Norokobou di Doyo Baru, Bambar, Sentani Barat ), Yee (Suku Dani-Kab Jayawijaya) Takokpapi (Suku Ngalum), Fra Maan (Suku MeyBrat).

6. Koteka

wbtb koteka warisan budaya dari tanah papua
wbtb koteka papua (img via tabloid-wani.com)

Sudah tidak asing lagi kalau yang satu ini, Koteka sudah sering di bahas dan di publikasikan di berbagai media, fungsi koteka sebagai pakaian untuk menutup kemaluan laki-laki dalam budaya sebagian penduduk asli Pulau Papua. Koteka terbuat dari kulit labu air, Lagenaria siceraria.

BACA JUGA: Kearifan Lokal Papua, Lengkap Gambar dan Penjelasan

7. Tifa Seni Pertunjukan

Jenis seni pertunjukan dengan gendang khas dari buni papua, basanya digelar dalam acara penyambutan, upacara adat atau pertunjukan kearifan lokal.

gendang tifa alat musik dari papua
gendang tifa alat musik dari papua (img via tintapendidikanindonesia.com)

Tifa jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dan terbuat dari kayu berbentuk tabung.

8. Warisan Budaya Papua: Barappen

barappen atau bakar batu di papua
barappen atau bakar batu di papua

Merupakan tradisi unik yang terdapat di papua kegiatan barappen atau dikenal juga bakar batu untuk mengungkapkan rasa syukur kepada sang maha pencipta.

9. Warisan Budaya Papua: Ukiran Asmat

Kemahiran karya ukiran tradisional, bukan sekedar ukiran kayu biasa, melainkan ukiran kayu Suku Asmat sangat khas dan indah, akan sangat berbeda dengan seni ukir dari jawa misalnya sebagai contoh lihat gambar berikut.

Warisan Budaya Papua: Ukiran Asmat
Warisan Budaya Papua: Ukiran Asmat (img via limakaki.com)

10. Mbaham- Matta / Ko On Kno Mi Mombi Du Qpona

Mbaham-Matta adalah nama suku besar yang mendiami kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. Sistem kehidupan Mbaham-Matta terbentuk didalam beberapa marga besar dan marga-marga itu memiliki hak ulayat ataupun hak pewarisan adat secara merata.

Kata Mbaham artinya sesuatu yang sudah terjadi atau sesuatu yang sudah ada dalam bahasa lokal disebut Ponggo yang merujuk pada makna terjadinya asal usul kejadian manusia Mbaham.

Artikel Menarik Lainnya: Kearifan Lokal Jakarta, Contoh Gambar dan Penjelasan

Akhir Kata

Silahkan ditambahkan jika masih ada WBTB update terbaru ya gaes khusunya dari tanah Papua, kolom komentar tersedia untuk diskusi.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf, mohon masukannya agar kami bisa perbaiki demi kemajuan situs ini.

Daftar bacaan:

kwriu.kemdikbud.go.id/info-budaya-indonesia/warisan-budaya-tak-benda-indonesia/

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *